Selasa, 26 April 2011

6 Bunga yang sering gue tanam waktu kecil hehehehe

Sejak Kecil gue adalah anak yang rajin, bahkan dapat dibilang terlalu rajin. Semua pekerjaan rumah gue kerjakan, baik itu pekerjaan yang cowok banget semacam memperbaiki kandang bebek (dulu gue lebih banyak memilihara bebek dari pada ayam sehingga disebut kandang bebek), membersihkan pekarangan rumah dari berbagai macam rumput (rumput alang2, sampe rumput belanda yang dapat diramu dengan air ludah sering di pake untuk obat luka hehehehe, tapi tidak untuk rumput Jakarta, sebab rumput Jakarta yang durinya tajam-tajam itu melambangkan kekayaan bagi orang yang memeliharanya hihihiihih), sampai dengan pekerjaan kecewek-cewekan seperti menyapu, menanam, memasak, mencuci, mengepel dan tentu saja menulis surat ke sahabat penaku. Kali ini yang akan gue bahas bukan hoby memasakku, itu akan dibahas pada postingan selanjutnya, tapi gue akan membahas kegemaran gue dalam bertani, alias bercocok tanam, lebih tepatnya bercocok tanam bunga hehehehhe.
Tenang, tenang, postingan gue bukan tentang cara mencangkul, menggemburkan tanah atau atau memberi pupuk agar batang tumbuh besar, daun tumbuh dengan rimbun dan bunga yang banyak tapi yang akan gue ceritakan adalah 6 bunga yang selalu menjadi kebanggaan gue masih kecil .
 Bunga Suplir

Bunga yang berkembang biak dengan spora ini adalah bunga yang gampang-gampang susah untuk ditanam. Di bilang gampang, kita tidak bisa dengan mudah menyetek atau menaburkan spora ke tanah apabila menyemai bijinya, jangan pernah coba-coba karena bunga ini tidak pernah berbiji apalagi berbuah. Namun dibilang susah dengan sangat terduga-duga Bunga Suplir dapat tumbuh dengan bebasnya di Got Got lembab depan rumah, aduh suplir kalo milih habitat ya mbok milih-milih dikit napa sih.

 Bunga Palm

Percaya atau tidak ini adalah bunga yang merupakan lambang kekayaan bagi orang memeliharanya. Artinya jika di depan sebuah rumah tertanam indah Bunga Palm, mau itu palm kipas, palm kuning, palm merah apalagi Palm Botol…wow makin kaya si empunya hihihihihi. Nah parahnya, dari dulu gue gak berhasil menanam pohon Palm, gak tau struktur tanah yang gak cocok untuk Palm, atau gue yang kurang rajin menyiram bunga karena keasikan membersihkan kandang bebek hihihihi

 Bunga Bougainville


Sebenarnya gue iri sama Yansi dimana pekarangan rumahnya memiliki bunga Bougainville. Bayangkan saudara-saudara Pohon Bougainville nya hanya satu, tapi warna bunganya banyak banget(jadi ingat iklan ATM, pohonnya satu, bunganya banyak, Pohonnya satu Bunganya Banyak hehehehhee).
Nah bersumber dari rasa iri itu membuat gue ingin memiliki Bunga Bougainville seindah yang dimiliki Yansi. Akhirnya setelah minta bibit sama tetangga, stek sana stek sini, Bougainville tumbuh dengan subur.

Penanaman bunga Bougenville tidak susah, karena dengan modal tanah yang sburu dan Plobek kita dapat dengan mudah membudidayakannya hehehe

 Bunga Air Beras(Padahal Asli nama Bunga ini Herbras hihihihi)



Gak tau kenapa di Curup bunga ini di sebut Bunga Air Beras, kenapa Gak disebut Bunga Air Tajin aja sekalian hehehehe, padahal kalo dilihat-lihat bunga ini tidak ada persamaan dengan padi, apalagi dengan air yang mengalir hihihih, tapi gue harus akui bunga tanaman ini emang bagus banget dengan kelopak yang indah mengundang kumbang-kumbang di taman untuk mengambil madunya hehehhe

 Bunga Gladiol






Bunga ini termasuk bunga yang memiliki body balance yang jelek, bayangkan kita harus memiliki kawat atauu sebilah bambu sebagai penyangga untuk membuat bunga ini dapat berdiri (padahal tanaman ini bukan termasuk tanaman menjalar lho), apalagi kalo ada bebek, ayam, itik apalagi kambing yang lewat pekarangan rumah dan “menyenggol/menyentuh dengan sangat lembut“ (aduh habis kata-kata gue) pasti Gladiol akan rebah dan jatuh ke tanah. Tapi bunga ini termasuk bunga yang setia lho (kalo Nia Lavenia punya lagu “lihat pohon pisang kalo berbuah hanya sekali, itulah cintaku yang takkan mungkin terbagi-bagi“, gue juga punya lagu “lihat Bunga Gladiol kalau berbunga hanya sekali, abis tuh mati deh.“. Jadi sehabis berbunga tanaman ini akan mati. terus gimana cara perkembangan biakannya dong? Gak asik ah..., tenang!tenang! perkembang biakan menggunakan Umbi, aduh Umbi apa ubi ya? apa istilahnya ya? Itu lho yang kayak Bawang Putih, Bawang Bombay, Bawang Merah...ah tau ak.... yang jelas tanaman ini gak bisa di stek titik. Kalo mau distek, sampe tua juga gak bakal tumbuh tunas barunya.

 Bunga Bonsai





Bunga ini kebanyakan digunakan sebagai pagar rumah, selain itu daunnnya jika di hancurkan dengan cara diusap-usapkan ke tangan akan menimbulkan busa sabun (dan gue pernah berpikir kalo besar nanti gue akan buka pabrik sabun dengan bahan Daun Bonsai yang super murah dan dan dapat ditemukan di mana saja di kota curup), terus buah bonsai yang warna kuning bagi anak cowok bisa digunakan buat peluru kalo lagi main tembak-tembakan sedangkan bagi anak cewek biasanya digunakan sebagai perangkat permainan masak-masakan dan hidangan pencuci mulut dan diibaratkan sebagai anggur hehehhehe, sejak kapan anggur warna kuning. Bukan itu saja Biasanya pada tanaman Bonsai ada tumbuhan parasit yang berwarna kuning yang menjalar di daun bonsai. Nah, anak-anak cewek dengan kreatifnya tetap dipermainan masak-memasak, menggunakan ini sebagai mie kuning. Ayo siapa yang mau makan mie nya hehehhehe?

Tidak ada komentar: